LAUNCHING KELAS INDUSTRI TRASPAC REKAYASA PERANGKAT LUNAK SMKN 1 BAWANG

SMK Negeri 1 Bawang menjalin kerjasama dengan PT. Traspac Makmur Sejahtera Jakarta, perusahaan di bidang software developer, untuk bersama-sama mengembangkan kelas industri pada Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Kepala sekolah Drs.Suwanto,M.Pd. menyampaikan bahwa kelas industri ini adalah jawaban akan tantangan perkembangan IPTEK dimana teknologi saat ini menjadi bagian penting dalam kehidupan umat manusia.

Kelas industri Traspac yang dilaunching pada Kamis, 27 Februari 2020 menerapkan kurikulum berdasarkan standar industri dengan menerapkan model pembelajaran Teaching Factory. Kualitas lulusan kompetensi keahlian RPL akan langsung dikontrol oleh PT. Traspac Makmur Sejahtera sehingga standar lulusan siswa RPL SMKN 1 Bawang memenuhi kualitas standar industri. Purnadi Direktur PT. Traspac Makmur Sejahtera, sangat bangga dengan lulusan RPL dari SMKN 1 Bawang dan para programmer yang berasal dari sekolah yang dikenal dengan nama Skansa ini memiliki karakter yang baik. Salah satu alumni yang sekarang bekerja di PT Traspac telah menduduki sebagai kepala cabang di Traspac Malang dimana membawahi karyawan lainnya yang berasal dari perguruan tinggi. Karena itu beliau menghimbau agar lulusan SMK jangan minder, lulusan SMK juga dapat bersaing di dunia kerja pada era revolusi industry 4.0.

Dalam kesempatan ini, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI Provinsi Jawa Tengah Dwi Yulianti Mulyaningsih, S.Pd., MM. memberikan dorongan agar konsep pembelajaran yang diterapkan di SMKN 1 Bawang ini dapat diadopsi oleh SMK-SMK yang lain di wilayah Banjarnegara dan Jawa Tengah. Ini tantangan bagi SMKN 1 Bawang agar lulusannya semakin berkualitas. Kelas industri sangat penting dan mendesak untuk dirilis agar para lulusan SMK siap pakai terjun di industri. Kegiatan launching kelas industri dilanjutkan dengan peninjauan ruang praktik kelas industri dan tes kerja untuk rekruitmen siswa kelas 12 RPL. Dari PT Traspac akan memilih talent-talent terbaik dari Kompetensi Keahlian RPL yang siap kerja sebelum direkrut oleh perusahaan lain. Inilah bukti bahwa lulusan RPL SMKN 1 Bawang sebelum lulus sudah diminati oleh industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.